Merajut Bangsa yang Cerdas

Konsepsi Peran Pemerintah Dalam Pendidikan perlu dipertegas !!!

“Semakin tinggi ilmu seseorang, maka semakin besar rasa toleransinya,”

KH. Abdurrahman Wahid

Undang-Undang Dasar  Negara Republik Indonesia tahun 1945 menyatakan dengan tegas bahwa salah satu tujuan dari kemerdekaan kita adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun sejak beberapa dekade lewat, tujuan itu telah mengalami pergeseran dan bahkan mengalami disorientasi dalam visi pembangunan nasional. Setidaknya terkonfigurasi dari agenda pembangunan yang telah digariskan oleh para pemimpin-pemimpin bangsa, dimana penciptaan sumber daya manusia melalui sarana pendidikan masih jauh dari harapan kemerdekaan, jika di bandingkan dengan sektor-sektor lainnya.

Akibatnya adalah dapat dirasakan sekarang ini dimana mayoritas SDM anak bangsa ini masih sangat lemah, apalagi bagi mereka yang berada di luar daerah pulau Jawa. Padahal potensi sumber daya, baik disektor sumber daya manusia maupun potensi sumber daya alamnya sangat besar, yang pada akhirnya menjadi terabaikan selain habis dieksploitasi oleh pihak lain, juga akibat SDM di daerah sendiri terlalu lemah untuk berkompetisi ditengah dunia global dewasa ini.

Fakta tersebut sangat membantu pemerintah untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki supaya pembangunan di Indonesia dapat terisi oleh generasi-generasi berkualitas terbaik. Clean Governance dan good government menjadi landasan bersama untuk memperkuat pemerintahan Indonesia, sehingga ruang anomaly politik dalam menyelenggarakan birokratisasi di berbagai institusi dapat berjalan dengan bersih, jujur, efektif, dan efisien.

Sejalan dengan prinsip-prinsip pembangunan nasional dan  membaiknya ekonomi ditingkat pusat, telah mendorong pemerintah dalam mengembangkan sumber daya manusia indonesia dengan dukungan berbagai pihak. Pengelolalaan potensi-potensi sumber daya secara optimal bukan saja menjadi sumber kemajuan negara, namum juga akan dapat membantu masyarakat indonesia bersaing dengan masyarakat internasional. oleh karena itu pembangunan manusia menjadi mutlak dan keharusan untuk dilakukan.

Penguatan SDM melalui pendidikan sebagai sarana paling strategis dalam rekayasa penguatan basis tunas generasi bangsa indonesia. dalam fenomena internasional kita dapat melihat bahwa di berbagai negara pun pendidikan selalu dijadikan sebagai prioritas untuk memperkuat SDM negaranya. Pembangunan pendidikan menjadi bagian penting dari upaya menyeluruh dan sungguh-sungguh untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Keberhasilan dalam membangun pendidikan akan memberikan kontribusi besar dalam mencapai tujuan pembangunan nasional secara keseluruhan.***

Semoga konsepsi Tentang Mencerdaskan Kehidupan Bangsa bukan hanya slogan semata.

Penulis : Harjono

24 thoughts on “Merajut Bangsa yang Cerdas

  1. My partner and I stumbled over here from a different
    website and thought I might check things out.
    I like what I see so now i’m following you.
    Look forward to exploring your web page for a second time.

Leave a Reply

Your email address will not be published.